Friday 18 November 2016

Multiprosesor

Posted by Unknown on 19:30

Multiprocessor

Merupakan sistem komputer dengan dua atau lebih CPU identik yang membagi akses secara penuh terhadap common RAM. Krakteristik penting dalam multiprocessor yaitu:
   1. Mengandung dua atau lebih processor general purpose yang memiliki kemampuan yang setara.
   2. Semua prosesor memiliki akses bersama ke memori
   3. Semua prosesor memiliki akses bersama ke perangkat I/O, baik dari saluran yang sama ataupun melalui saluran yang berbeda didalam lintasan ke perangkat yang sama.

Sistem dikontrol oleh sebuah sistem oprsi yang terintegrasi yang menyediakan interaksi antara prosesor dengan program-progem pada tingkatan job, task, file dan data.
Model multiprocessor menggunakan bersama-sama dari sebuah ruang alamat virtual tunggal yang dipetakan pada memori bersama, Untuk membaca atau menulis sebuah word, memori menjalankan intruksi load dan store. 
Cakupan sistem multiprocessor dibagi atas:

1. Time Shared atau bus Common
Time Shared merupakan mekanisme pembentukan sistem multiprocessor yang paling sederhana. strukural dan antarmuka. Pada dasarnya adalah sama seperti untuk sistem processor tunggal yang menggunakan interkoneksi bus. Bus terdiri dari salouran kontrol, alamat, dan data. Untk mengirimkan tranfer DMA (Direct Memory Access) dari processor I/O, maka disediakan fitur sebagai berikut :
  -Addressing :: pengelamatan harus dapat membedakan modul-modul pada bus untuk menentukan sumber dan tujuan data.
  - Arbitration :: Setiap I/O dapat berfungsi sebagai master pada sementara waktu.
  - Time Sharing :: Apabila sebuah modul sedang melakukan pengontrolan terhadap bus, maka modul-modul lainnya dikunci dan apabila perlu harus menahan operasi sampai dengan akses bus diperoleh.

2. Multiport Memory
Pendekatan memori multiport lebih kompleks dibanding dengan pendekatan bus, yang mana memerlukan penambahan logika dalam jumlah yang cukup banyak ke sistem memori, Akan tetpi pendekatan memori multiport mampu memberikan kinerja yang lebih baik, karena masing-masing processor memiliki lintasan ke masing-masing modul memori. 
Kelebihan multiport adalah memungkinkan melakukan konfigurasi bagian memori sebagai "private" bagi satu CPU dan atau lebih modul-modul I/O.

3. Central Control Unit
Unit kontrol pusat yang menyalurkan aliran data yang terpisah secara bolak-balik, di antara modul-modul yang independen. Pengontrolan ini juga dapt melewatkan pesan status dari kontrol di antaranya CPU dan peringatan update-chace.

0 komentar:

Post a Comment